Apa Aja Manfaat Cumi-cumi bagi kesehatan kita?

 Apa Aja Manfaat Cumi-cumi bagi kesehatan kita?


Ternyata, tak cuma rasanya yang nikmat, cumi-cumi juga mengandung segudang nutrisi yang baik bagi tubuh, lho. Dengan kalori yang rendah dan protein tinggi, cumi-cumi bahkan bisa membantu menurunkan berat badan.
Apa saja, sih, manfaat cumi-cumi bagi kesehatan? Simak ulasan lengkapnya berikut ini, yuk!


1. Kaya protein

Cumi-cumi mengandung protein tinggi, setidaknya ada 15,6 gram per 100 gramnya. Selain itu, cumi-cumi juga merupakan sumber protein lengkap, menyediakan sembilan asam amino penting dalam jumlah yang cukup.
Protein punya banyak peran dalam menjaga kesehatan tubuh; mulai dari membuat antibodi untuk sistem imunitas, memperkuat jaringan tubuh, hingga membantu kita merasa kenyang lebih lama. 


2. Mengandung omega-3
Selain ikan salmon dan makarel, kandungan omega-3 juga ditemukan di hampir semua hidangan laut, termasuk cumi-cumi. Menurut data dari United States Department of Agriculture, cumi-cumi mengandung 0,5 gram asam lemak omega-3. 


3. Kaya vitamin B
Selayaknya jenis hidangan laut lainnya, cumi-cumi merupakan sumber vitamin B yang baik. Setiap 85 gram cumi-cumi mampu memenuhi 31 persen kebutuhan riboflavin harian yang disarankan.
Jenis-jenis vitamin ini punya manfaat dalam mengatur nafsu makan dan pencernaan, memproduksi energi, fungsi kesehatan mata, kulit, dan otak. Bukan itu saja, cumi-cumi juga mengandung sedikit nutrisi penting lainnya; seperti vitamin B-12.


4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan selenium pada cumi-cumi tergolong tinggi. Jenis mineral ini sangat penting untuk mengatur mekanisme antioksidan. Tak hanya itu, selenium juga berfungsi dalam mengaktifkan selenoprotein yang bisa meningkatkan respons imun, dan melindungi tubuh dari berbagai masalah kesehatan.
Dalam tiap 100 gram sajiannya, cumi-cumi mengandung sekitar 44,8 mg selenium --setara dengan 64 persen kebutuhan harian yang direkomendasikan. 


5. Menjaga kesehatan jaringan saraf
Satu lagi kandungan mineral penting yang dimiliki oleh cumi-cumi; yakni tembaga. Kandungan tembaga berperan penting dalam meningkatkan kesehatan tulang, jantung, sistem saraf, dan pembentukan sel darah merah.
Tembaga menjadi nutrisi yang jumlahnya paling banyak dalam cumi-cumi. Setiap 100 gramnya mengandung 1,9 mg mineral, dan bisa memenuhi 95 persen asupan harian yang direkomendasikan.

 
6. Mencegah diabetes

Dibandingkan jumlah vitaminnya, cumi-cumi lebih banyak mengandung mineral. Setidaknya, hidangan laut tersebut menyediakan 17 persen asupan harian yang direkomendasikan untuk fosfor, 10 persen zinc, dan 8 persen magnesium.

Meski punya segudang nutrisi, namun kadar kolesterol pada cumi-cumi juga tergolong tinggi. Untuk itu, sebaiknya hindari untuk mengolah cumi-cumi dengan cara menggorengnya bersama balutan tepung renyah.
Cara tersebut akan membuat kalori dan lemaknya meningkat dua kali lipat, sehingga kurang baik bagi kesehatan. Pilihlah metode memasak yang lebih sehat; seperti ditumis, dipanggang, atau dijadikan campuran dalam sup.
.
Rumah Makan Dapur Cemara berlokasi di kawasan wisata Pantai Goa Cemara Dusun Patihan, Gadingsari, Sanden, Bantul, Yogyakarta. Kami menyediakan berbagai masakan laut yang murah namun tetap mewah, diantaranya adalah menu best seller atau yang paling banya di beli oleh para pengunjung yaitu cakalang bakar, cumi asam pedas, udang tepung crispy, udang asam pedas manis, kerang hijau asam pedas, soto, nasi goreng dan minuman lainnya.

Kami juga siap menerima pesanan dalam partai besar maupun kecil, bisa pesan lokasi, pendopo, atau lokasi pinggir pantai tergantung selera pengunjung.
banyak yang sudah merasakan masakan dari Dapur Cemara dan tidak satupun dari mereka yang kecewa.
Yuk tunggu apalagi, mari berkunjung ke Dapur Cemara dan rasakan masakan lezatnya...


Untuk informasi dan pemesanan
WhatsApp : 085743304633
Instagram : dapurcemaraid

Close