Harga Tiket Masuk, Lokasi dan Fasilitas Pantai Goa Cemara

spot foto pantai goa cemara
source @raraskartikaa

Pantai Goa Cemara berlokasi di Dusun Patihan, Gadingsari, Sanden, Bantul, Yogyakarta, 45 menit dari pusat Kota Yogyakarta, lokasinya berderet di sepanjang pantai selatan Jogja dari parangtritis, pantai depok, gumuk pasir, pantai samas, pantai goa cemara dan pantai baru. Pantai yang unik seperti namanya dinamakan Goa Cemara karena rimbunnya pohon cemara udang (Casuarina equisetifolia) yang membentuk lorong mirip goa, sehingga penduduk lokal menamainya menjadi Pantai Goa Cemara.

Jika kamu ingin mencari pantai yang sejuk dengan area yang luas dan indah, Pantai Goa Cemara inilah tempatnya. Lokasi yang aman untuk anak-anak, cocok untuk kegiatan out bound maupun camping yang tentunya memberikan kesan tersendiri bagi pengunjung.

Lokasi Pantai Goa Cemara

Tentang wisata yang bisa kamu nikmati jika berkunjung di Pantai Goa Cemara

1. Out Bound

outbound pantai goa cemara
source @goacemarabeach
  • Area luas dan teduh
  • Tempat parkir yang memadai
  • Musholla dan MCK
  • Tempat yang terintegrasi dalam satu pengelolaan termasuk keamanan, kebersihan, event, dan lain-lain.
  • Fasilitas pendukung acara outdoor yang lengkap di area.
  • Tersedia rumah makan untuk penyediaan konsumsi baik itu snack, prasmanan, minuman, maupun berbagai macam olahan lokal.

2. Camping Ground

camping di pantai goa cemara

Pantai Goa Cemara menyediakan banyak titik lokasi dengan pemandangan yang berbeda, peserta bebas menentukan lokasi sesuai kebutuhan. Peserta diwajibkan melaporkan kegiatan camping di Kawasan Wisata Pantai Goa Cemara terkait identitas baik itu individu ataupun kelompok, serta koordinasi yang lain seperti administrasi, keamanan, penerangan, kebutuhan camping dan lain-lain dengan pihak Pokdarwis Pantai Goa Cemara.

Untuk peserta komunitas atau rombongan diharapkan koordinasi lebih awal dikarenakan ada detail tambahan terkait keamanan dan lain-lain.

Petugas jaga 24jam di Kantor Sekretariat Pantai Goa Cemara, dengan jumlah personil menyesuaikan kebutuhan lapangan. Fasilitas tambahan yang tersedia antara lain tenda, lampu penerangan, lampu hias, sound system, isian perform (musik, singer, tari dst ), dekorasi, bantuan personil ( keamanan, kesehatan, kebersihan dst ) dan lain-lain harap dikoordinasikan jauh hari dengan petugas sekretariat.

3. Taman Kayu

taman kayu goa cemara

Berbagai spot foto terbaik yang menjadi pilihan untuk kebutuhan foto sosial media, telah disediakan oleh pokdarwis pantai goa cemara dengan keterampilan dan kreatifias penduduk lokal sehingga menjadi daya tarik wisata untuk menjadi spot foto yang instagramable yang disebut Taman Kayu. 

taman kayu pantai goa cemara

Bentuk yang unik dan tidak ada lokasi lain yang menyamainya menjadi pilihan untuk kamu foto di tempat ini.

4. Pasar Tradisional

pasar tradisional pantai goa cemara

Pusat jual beli oleh-oleh hasil bumi penduduk lokal Dusun Patihan yang hanya khusus buat pengunjung wisata Pantai Goa Cemara. Oleh-oleh khas Patihan diantaranya emping mlinjo, ubi jalar, serta hasil bumi dan sayuran dari Patihan dan sekitarnya.

5. Konservasi Penyu

penyu di pantai goa cemara

Proses penangkaran penyu di balai konservasi diawali dengan penyelamatan telur ketika musim migrasi. Telur-telur penyu memang harus segera diambil untuk menghindari perburuan manusia dan hewan predator. Juga untuk menghindari mati tukik karena terpendam atau kepanasan ketika menetas. Pada saat menetas ini pula kondisi riskan dari tukik penyu rentan diendus hewan liar, burung pemangsa, atau mati terjemur. Sampah di lautan yang semakin banyak juga berakibat fatal jika menimbun sarang telur penyu.

Pemindahan telur penyu mutlak diperlukan untuk menjamin jumlah tetas dan menjaga kehidupan tukik. Rata-rata satu sarang telur penyu berisi antara 50 sampai 130 butir tergantung besaran dan umur induk penyu. Telur penyu dieram dalam pasir  di penangkaran selama kurang lebih 50 hari.

Pada usia minimal 3 hari baru tukik penyu bisa dilepaskan kembali ke lautan. Usia pelepasan tukik tergantung dari perkiraan daya tahan tukik, kemampuan makan, dan kondisi cuaca saat itu.

Jika tukik terlalu lama dalam penangkaran karena berbagai hal, kemampuan berburu akan menurun. Hal ini karena kebiasaan tukik dalam penangkaran yang selalu terjamin makanannya, kurang melatih agresifitas penyu. Penyu dewasa dengan usia sekitar 18 bulan bisa menghabiskan setengah kilo ikan dalam sehari.

konservasi penyu pantai goa cemara

Karena menjaga kelestarian penyu tidak sebatas hanya melakukan penyelamatan induknya saja ketika terdampar di tepian pantai. Lebih dari itu, hingga perawatan bila ternyata ditemukan dalam kondisi sakit serta melakukan penetasan telur penyu hingga menjadi tukik. Sehingga ketika dilepas ke alam bebas satwa dilindungi itu terhindar dari ancaman hewan pemangsa.

Fasilitas Pantai Goa Cemara

1. Rumah Makan

dapur cemara prasmanan menu

Jangan khawatir jika kamu merasa lapar capek berkeliling berwisata karena hanya Rumah Makan Dapur Cemara di Pantai Goa Cemara yang memberikan pelayanan ramah, masakan enak dan tentunya murah dengan lokasi rumah makan yang luas cocok untuk keluarga dan rombongan 

dapur cemara seafood prasmanan

untuk penyediaan konsumsi baik itu masakan seafood, snack, prasmanan, minuman, maupun berbagai macam olahan.

2. Mushola

mushola pantai goa cemara

Sebagai tempat wisata, Pantai Goa Cemara menyediakan sarana atau tempat untuk beribadah, untuk penentuan ketertiban dalam hal wudhu dibedakan untuk perempuan wudhu di sebelah selatan tempat yang lebih tertutup, sedangkan untuk laki-laki berwudhu di sebelah utara.

3. Area Parkir

parkir terminal pantai goa cemara

Tempat parkir di Pantai Goa Cemara yang bersih dan luas memberikan rasa nyaman bagi pengunjung, terminal yang luas juga dapat menampung banyak kendaraan mulai dari mobil, bus mini, kereta mini hingga bus dengan ukuran yang besar.

4. Kantor Sekretariat

kantor sekretariat pantai goa cemara

Kantor Sekretariat dibangun sebagai pusat informasi, administrasi dan penghubung antara pengunjung dengan Pokdarwis Pantai Goa Cemara.

Koordinasi terkait event dan segala bentuk kegiatan yang akan dilaksanakan oleh pengunjung dilayani satu atap di kesekretariatan.

Terkait pencatatan, waktu pelaksanaan, biaya, availability, dan segala macam dukungan dari seksi-seksi yang ada di Pokdarwis Pantai Goa Cemara. Kantor Sekretariat juga berfungsi sebagai mediasi segala macam urusan yang terjadi di Kawasan Wisata Pantai Goa Cemara terkait antara pengunjung dengan pengunjung, pengunjung dengan pengurus Pokdarwis Pantai Goa Cemara, maupun antara pengunjung dengan instansi, badan, atau lembaga pemerintah.

Pada malam hari, Kantor Sekretariat juga menjadi posko utama penjagaan Kawasan Wisata Pantai Goa Cemara, mendampingi pos-pos lain yang ada di sekitar kawasan.

5. Kamar Mandi dan Toilet

toilet pantai goa cemara

Fasilitas umum yang wajib diadakan karena memang menjadi hal yang dibutuhkan bahkan menjadi kebutuhan pokok. 

6. Pos Keamanan

pos keamanan pantai goa cemara

Jaminan keamanan dan kesehatan pengunjung adalah utama, oleh karena itu sarana dan prasarana penunjang dimaksimalkan. Gedung pos keamanan yang berada di sebelah kantor sekretariat Pantai Goa Cemara dibangun atas dorongan tersebut.

Harga Tiket Masuk Pantai Goa Cemara

harga tiket masuk pantai goa cemara

Bagi kamu yang penasaran akan keindahan Pantai Goa Cemara. Harga tiket masuk kawasan Pantai Goa Cemara sangatlah terjangkau, Kamu hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar:

  • Parkir
  • Sepeda Motor = Rp 5.000 
  • Mobil     = Rp 10.000
  • Kereta Mini  = Rp 10.000
  • Mini Bus    = Rp 15.000
  • Bus AKAP    = Rp 20.000
  • Untuk tiket masuk tempat wisata per orang  Rp 10.000

Gimana masih banyak lagi hal-hal tentang Pantai Goa Cemara yang perlu kamu ketahui. Jangan sungkan untuk bertanya atau melakukan reservasi kegiatan berwisata kepada kami ya


telp/wa 085743304633

telp/wa 085640786777

instagram @dapurcemaraid

 

#pantaigoaceamara #pantaidepok #pantaibaru #parangtritis #htmmasuk #htmgoacemara

Close