Manfaat Ikan Cakalang Bagi Kesehatan

manfaat ikan cakalang bagi kesehatan

Ikan cakalang adalah salah satu jenis ikan tuna yang sering diolah dengan berbagai varian rasa. Bicara soal nutrisi ikan cakalang, mungkin ikan cakalang sudah tidak asing lagi bagi Anda. Ikan laut seperti cakalang merupakan sumber protein dan kaya kandungan asam lemak omega-3 yang punya berbagai manfaat untuk kesehatan jantung kita.
 
Masih banyak banget khasiat lain yang bisa Anda peroleh dengan mengkonsumsi ikan cakalang. Yuk simak berbagai manfaat dari ikan cakalang berikut ini....

A. Kandungan Nutrisi dalam ikan cakalang

Meski rasa yang berbeda, namun ikan cakalang memiliki bentuk yang mirip dengan ikan tuna. sehingga, banyak orang kerap kali kesulitan membedakan keduanya.

Begitu pun dengan khasiat dari ikan cakalang dan ikan tuna, keduanya mengandung komposisi gizi yang tidak jauh berbeda.

Nutrisi utama yang terkandung ikan cakalang adalah protein dan asam omega 3. Di samping itu, kandungan protein dan karbohidrat ikan juga tidak kalah melimpah.

Ikan cakalang juga tersusun atas beragam kandungan mineral, vitamin dan antioksidan yang menawarkan manfaat besar untuk kelangsungan fungsi organ tubuh kita.

Berikut ini adalah komposisi gizi dalam 100 gram (g) ikan cakalang (mentah atau asap) berdasarkan informasi dari Data Komposisi Pangan Kementerian Kesehatan Indonesia:
  •     Air: 56,9 g
  •     Energi: 204 kalori (Kal)
  •     Protein: 34,2 g
  •     Karbohidrat: 1,9 g
  •     Lemak: 5,6 g
  •     Natrium: 176 mg
  •     Vitamin A: 1,546 mikrogram (mcg)
  •     Fosfor: 399 miligram (mg)
  •     Vitamin B1: 0,53 mg
  •     Kalium: 588 mg
  •     Vitamin B2: 0,07 mg
Sebagian besar kandungan lemak pada ikan cakalang terdiri atas asam lemak omega-3, tetapi secara keseluruhan kandungan lemaknya terbilang rendah.

Selain itu, ikan cakalang termasuk salah satu jenis ikan tuna yang mengandung lebih sedikit lemak dibandingkan varian ikan tuna lainnya lohh.

B. Manfaat Mengkonsumsi Ikan Cakalang Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Kandungan nutrisi pada ikan cakalang dapat memberikan manfaat yang banyak untuk tubuh kita.
Konsumsi ikan cakalang tak sekadar memenuhi kebutuhan gizi harian, tetapi juga menawarkan beragam khasiat kesehatan seperti berikut ini:

1. Menyehatkan jantung

Salah satu manfaat utama dari makan ikan cakalang adalah baik untuk kesehatan jantung. Hal ini tentunya bisa mencegah risiko penyakit jantung koroner.

Ikan cakalang kaya kandungan asam lemak omega-3 berupa asam dokosaheksaenoat (DHA) dan asam eikosapentanoat (EPA).
Kandungan omega-3 ini berfungsi mengurangi jumlah kolesterol jahat (LDL) di dalam darah. Omega-3 juga dapat menggantikan peran nutrisi dari makanan dengan kandungan lemak yang tinggi.

Dan Hasilnya, kandungan omega-3 bisa membantu mengurangi risiko gangguan pada sistem kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah).

2. Membantu Menjaga Tekanan Darah Kita

Manfaat ikan cakalang yang satu ini masih berasal dari omega-3, tetapi ditambah dengan kalium yang juga terkandung di dalamnya.
Fungsi asam lemak omega-3 dalam menghilangkan kolesterol jahat juga berpengaruh terhadap kelancaran aliran darah kita. Sementara itu, kalium berperan penting dalam mengontrol tekanan darah.

Khasiat kedua kandungan pada ikan cakalang ini menurunkan risiko penyakit hipertensi sekaligus meningkatkan kesehatan tubuh secara menyeluruh karena membantu kerja sistem kardiovaskular.

3. Memperkuat Fungsi Sel dan Perkembangan Otot Tubuh Kita

Studi yang dirilis dalam jurnal Cambridge University Press menyebutkan bahwa ikan cakalang memiliki rasio asam amino esensial yang seimbang.
Atas dasar inilah ikan cakalang merupakan salah satu sumber protein berkualitas.

Asam amino yang berasal dari protein sangat berguna untuk membangun masa tubuh, membentuk otot, serta memperkuat fungsi dan pemeliharan sel di seluruh organ.

Asam amino juga memiliki peran penting dalam pembentukan hormon dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Konsumsi ikan cakalang sendiri dapat memenuhi hampir 80% kebutuhan protein harian.

4. Mencegah Anemia/Darah Rendah

Tak hanya mengandung vitamin A, dalam ikan cakalang terdapat kandungan vitamin B12 yang bermanfaat dalam pembentukan sel-sel darah merah.
Jika tubuh kekurangan vitamin B, Anda berisiko mengalami anemia.

Ini karena tanpa vitamin B dan peran zat besi, darah tidak dapat memproduksi sel-sel darah merah yang membawa oksigen untuk diserap oleh jaringan dan organ vital di dalam tubuh.

Saat suplai oksigen berkurang, jaringan dan organ tentunya tidak dapat bekerja secara optimal. Alhasil, tubuh akan terasa lemas yang termasuk salah satu gejala utama anemia.

5. Meningkatkan kesehatan tulang

Ikan cakalang juga memiliki kandungan fosfor yang tinggi sehingga memiliki manfaat untuk kesehatan tulang.

Fosfor adalah mineral utama yang memiliki fungsi utama dalam pertumbuhan dan perbaikan sel dan jaringan tubuh, salah satunya tulang.
Bersama dengan kalsium, fosfor dapat menjaga kepadatan dan kekuatan tulang.

6. Mengurangi Risiko Kanker dan Radang

Manfaat lain dari kandungan omega-3 dalam ikan cakalang adalah mengurangi peradangan sel.

Saat peradangan sel teratasi dengan baik, jaringan dan organ tubuh pun bisa kembali berfungsi secara optimal.
Khasiat ikan cakalang ini dapat mencegah munculnya penyakit yang disebabkan peradangan, seperti arthritis.
Sementara saat ikan cakalang dimasak, protein di dalamnya akan dipecah menjadi peptida yang bisa bertugas sebagai antioksidan.

Peptida berperan besar dalam pemeliharaan fungsi sel sehingga terlindungi dari serangan radikal bebas yang bisa menyebabkan kanker.

Nah banyak banget kan manfaat mengkonsumsi ikan cakalang bagi kesehatan tubuh kita, Nah, agar mendapatkan manfaat ikan cakalang secara optimal, Kita juga tetap harus mengonsumsinya dalam porsi yang ideal.
Lengkapi juga konsumsinya dengan nutrisi lain, seperti sumber serat, karbohidrat, dan lemak, untuk menjaga pola makan bernutrisi seimbang ya..

Nah jika kamu bingung ingin mengkonsumsi ikan cakang yang enak dan sehat, tenang.. di Rumah Makan Dapur Cemara menyediakan menu cakalang yang dijamin nikmat dan sehat, kamu juga bisa memilih ikan cakalang mau dimasak dengan olahan masakan dibakar, goreng. Bahkan kamu juga bisa milih banyak varian rasa seperti bakar pedas/manis, asam pedas/manis dan lain sebagainya lihat menu.

Ingin memesan masakan di Rumah Makan Dapur Cemara ? yuk hubungi langsung
kontak person 

wa/telp 0857 4330 4633
wa/telp 0856 4078 6777

#manfaatcakalang #seafood #ikancakalang #ikanbakar #bakaranseafood #menubakaran #seafoodjogja
Close